Tuesday 20 September 2016

TIDUR MIRING KE KANAN ALA RASULULLAH

"MANFAAT TIDUR MIRING KE KANAN"


Segala sesuatu jika hal itu mengikuti sunah Rasulullah Shalallahu "alaihi Wasalam pastinya akan mendapatkan sekali banyak hikmah didalamnya. Salah satunya adalah dalam hal tidur. Dimana Nabi Muhammad Shalallahu "alaihi Wasalam selalu tidur dalam posisi miring ke kanan atau terlentang. Tidur dengan posisi miring ke kanan merupakan posisi tidur yang benar dan tepat. Kenapa ?? Karena ukuran paru-paru sebelah kiri lebih kecil daripada paru-paru sebelah kanan. Sebab itulah, jantung menahan beban yang lebih sedikit dan lever pun berada dalam kondisi stabil dan tidak menggantung. 


Lambung saat posisi seperti itu berada dalam kondisi yang sangat nyaman. Karena dengan posisi seperti ini sangat membantu dalam mempercepat proses pengosongan lambung. Dengan demikian tidur dengan posisi miring ke kanan merupakan metode medis yang paling disarankan.  Posisi ini juga memudahkan sekresi yang berupa cairan lendir pada bronkus (cabang paru-paru) sebelah kiri. Banyak sekali kasus bahwa terjadi pembengkakan paru-paru sebelah kiri (dan bukan paru-paru sebelah kanan) disebabkan oleh posisi bronkus yang berbeda. 

Bronkus sebelah kanan posisinya menyamping sehingga lendir mudah dikeluarkan, sedangkan bronkus sebelah kiri posisinya vertikal sehingga lendir lebih sulit dikeluarkan, sebab harus di dorong ke atas. 
Hal ini jika terus dibiarkan maka dapat mengakibatkan terjadinya penimbunan lendir di batang tenggorokan yang mengakibatkan  munculnya gangguan pada paru-paru dan organ pengeluaran seperti ginjal. 
Oleh karena itu, pengobatan yang paling mutakhir untuk mengatasi masalah tersebut adalah tidur dengan memposisikan miring ke kanan.

Banyak sekali manfaat  atau hikmah ketika kita meniru tidur Rasulullah yaitu tidur miring ke kanan :

1. Mengistirahatkan otak sebelah kiri.
2. Mengurangi beban kerja pada jantung.
3. Mengistirahatkan organ lambung.
4. Meningkatkan pengosongan kandung empedu, pankreas.
5. Meningkatkan waktu penyerapan zat gizi.
6. Merangsang buang air besar (BAB).
7. Mengistirahatkan kaki kiri.
8. Menjaga kesehatan paru-paru.
9. Menjaga saluran pernafasan.

Semoga dengan kita mengetahui sunah Nabiyullah Muhammad Shalallahu "alaihi Wasalam dan kita meniru atau mentauladaninya, maka banyak pahala dan manfaat yang kita peroleh. Mari kita saling memberi info yang bermanfaat ini dan jangan pelit untuk berbagi ke saudara, sanak famili, teman-teman, dan kerabat yang kita sayangi.

 NIAT BAIK yang disampaikan dengan Cara Baik, maka HASILnya pasti BAIK.

penDIDIK yang terDIDIK untuk peserta DIDIK.

0 comments:

Post a Comment